Kisah Perjalanan Xiaomi From Zero To Hero

Lei Jun, Ceo Xiaomi (c) foto : http://tekno.kompas.com/

Kira-kira jika pengguna ponsel pintar di Indonesia ditanya merk ponsel apa yang mereka gunakan? Maka anda akan mendapatkan hasil yang cukup mengagetkan. Mengapa mengagetkan? Yuph, selain nama-nama seperti Samsung, Lenovo, iPhone, ada satu nama brand ponsel pintar yang merangsek naik ke daftar penjualan ponsel pintar terlaris di Indonesia, siapa lagi kalau bukan Xiaomi.

Yuph, dalam kurang lebih 5 tahun terakhir ponsel pintar besutan Xiaomi berhasil menguasai pasar ponsel pintar di beberapa negara seperti China, India dan tidak ketinggalan di Indonesia. Tidak sedikit pula orang yang membandingkan ponsel China ini dengan raksasa ponsel pintar kelas atas, iPhone. 

Dalam waktu yang relatif singkat juga, perusahaan ponsel asal China  mengeluakan produk andalan mereka mulai dari yang low end hingga yang high end secara bersamaan. Dalam waktu dekat, Xiaomi  diprediksi  akan menjadi salah satu raksasa ponsel dengan performa yang bagus dan harga yang terjangkau yang menguasai pasar ponsel pintar di seluruh dunia, tak terkecuali Amerika Serikat.

Meskipun sentiment negative dan isu politik menjadi salah satu penghambat bagi perusahaan asal China untuk bisa  mengepakkan segmentasi pasar mereka di Negeri Paman Sam tersebut.  tidak hanya Xiaomi saja, perusahaan ponsel China lainnya seperti Huawei bahkan marketplace asal China, Alibaba pun juga mengalami kesulitan untuk membangun pasar di negeri tersebut. 

Dalam kesempatan ini, saya akan membahas lebih lanjut mengenai seluk beluk Xiaomi, bagaimana perusahaan ponsel ini mulai menjalankan bisnis dan yang lain. penasaran? Simak ya sampai bawah. 

Xiaomi? Apa itu?

Di Indonesia, Xiaomi memang hanya terkenal di kalangan anak muda saja. Maka tak mengherankan jika tidak semua orang tahu tentang Xiaomi ini. Xiaomi  merupakan salah satu perusahaan alat telekomunikasi yang berasal dari Beijing. Perusahaan ini mengedepankan ponsel pintar sebagai produk andalan dan yang utama. 

Apa Saja Ponsel Andalan Xiaomi?

mi note series (c) foto : http://www.whatsupgeek.com/

Ponsel pintar besutan Xiaomi ini terkenal dengan performa ponsel yang sangat luar biasa namun bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Hampir semua ponsel yang dikeluarkan oleh perusahaan peralatan telekomunikasi ini menjadi andalan.

Namun demikian, produk ponsel pintar  Mi Note menjadi salah satu produkk andalan yang digadang-gadang bisa menjadi pesaing kuat dari iPhone. Sementara itu, untuk menjangkau pasar kelas menengah ke bawah, pabrikan ponsel Xiaomi juga mengeluarkan produk ponsel low end dengan seri Redmi. Harga yang ditawarkan untu seri bawah ini mulai dari $100 saja. Murah bukan? 

Bagaimana Prospek Xiaomi di Pasar Global?

Memang sekarang perusahaan telekomunikasi asal China ini masih memegang marketshare yang belum begitu besar untuk pasar global. Masih kalah bersaing dengan Apple dan Samsung. Namun demikian, jika menilik ke belakang bagaimana pertumbuhan dan perkembangan perusahaan ini, maka tidak mustahil jika produk ini akan mengalahkan raksasa ponsel tersebut. 

Cepat atau lambat, perusahaan ini akan menjadi pesaing serius bagi kedua raksasa ponsel global yang beberapa tahun terakhir bertengger di papan atas penjualan global. 

Di negara sendiri Xiaomi sekarang menjadi salah satu ponsel pintar yang diburu oleh banyak orang. Begitu juga di pasar-pasar negara berkembang yang lain seperti India dan tak terkecuali Indonesia. Antusias masyakat untuk membeli ponsel pintar juga sangat tinggi. Hal tersebut juga didukung oleh harga jualnya yang terjangkau. 

Xiaomi? Maknanya Apa sih?

Xiaomi mempunyai arti ‘millet’ yang mana nam tersebut merupakan nama dari biji-bijian.  Nama pabrikan ponsel asal china tersebut bisa dituliskan dengan huruf mandarin 小米.

Bagaimana Sejarah Pabrikan Ponsel Xiaomi?

xiaomi (c) foto : https://mobiledevmemo.com

Pabrikan peralatan telekomunikasi ini didirikan pada tahun 2010 tepatnya pada bulan Juli 2010. Perusahaan ini berdiri karena merger dari beberapa perusahaan termasuk Temasek Holdings dan chip Qualcomm. Kedua perusahaan tersebut merupakan perusahaan milik pemerintah China yang bergerak dalam  bidang investasi. 

Produkk pertama yang dilahirkan oleh pabrikan telekomunikasi asal China ini merupakan software android dan bersamaan juga meluncurkan ponsel pintar pertama mereka, yakni Xiaomi Mi 1 yang telah dilempar ke pasaran pada bulan Agustus tahun 2011.

Setelah peluncuran produk pertama tersebut, pertumbuhan pabrikan ini tergolong sangat cepat. Terhitung pada tahun 2014, pabrikan ponsel tersebut telah berhasil menjual poduk ponsel mereka sebanyak 61 juta.  Pada tahun yang sama, perusahaan tersebut menerima suntikan dana dengan nominal $1,1 miliar. Dan kini nilai perusahaan tersebut tak kurang dari $50 miliar. 

Sementara itu, pendirian pabrikan alat telekomunikasi ini dilakukan oleh Lei Jun, seorang investor yang merangkap juga sebagai seorang pengusaha. Saat ini dia mempunyai jabatan sebagai CEO Xioami Inc.

Waktu demi Waktu Perusahaan Xiaomi

Tahun 2010

Meluncurkan ponsel pintar pertamanya, Mi 1 pada bulan agustus 2010. Selain itu, juga merilis firmware pertama mereka, MIUMI. Firmware MIUI ini berbasis android dan menyerupai iOS dari Apple dan  TouchWiz dari Samsung. 

Tahun 2012

Meluncurkan ponsel pintardengan seri Mi 2 dengan didukung oleh spesifikasi yang cukup mumpuni dan fitur yang menarik.  

Tahun 2013

Perusahaan ini mulai merambah ke produk yang lain seperti smart TV yang mempunyai ukuran 47 inc. kelebihan dari smart TV ini ialah bisa 3D dan berbasis Android. Pada saat yang bersamaan juga, ponsel Mi 2 juga telah terjual dengan sukses, lebih dari 10 juta unit dalam waktu 11 bulan saja. 

Pada tahun ini juga, tepatnya 25 september 2013, pabrikan ini juga meluncurkan produk ponsel pintar mereka Mi 3 yang dibekali dengan chipset Tegra 4 dari NVIDIA dan prosesor Snapdragon 800. Pada bulan oktober, perusahaan ini juga merambah ke toko ritel tepatnya pada tahun oktober 2013. 

Pada tahun 2014

Pada tahun ini, pabrikan Xiaomi ini sudah mulai ekspansi ke luar pasar Tiongkok. Pabrikan ponsel ini memulai ekpansi bisnisnya dari negara Singapura. Mi 3 dan Redmi merupakan ponsel pintar yang pertama kali di rilis di Singapura. 

Setelah memulai debutnya di Singapura, pabrikan ini kemudian melanjutkan ekpansinya di beberapa negara seperti India, Filipina, dan Malaysia.  Pada bulan berikutnya, pasar Indonesia pun juga tidak ketinggalan untuk dibanjiri dengan ponsel pintar ini termasuk negara Meksiko, Brasir, Turki, Rusia dan Thailand.  

Pada tahun ini juga, pabrikan ponsel Xiaomi telah berhasil menjual 15 juta unit ponsel pintar atau 14% dari pangsa di pasarTiongkok. Angka tersebut berhasil mengalahkan Samsung yang hanya menjual 13 juta unit ponsel pintar saja. 

Itulah seluk beluk Xiaomi yang bisa anda ketahui. Pabrikan ponsel yang masih terhitung sangat muda namun sudah mulai mempunyai kekuatan untuk menguasai pasar global dengan produk-produk ponsel pintar yang mempunyai spek dewa dan fitur istimewa serta harga jual yang sangat terjangkau. Tertarik membelinya?

0 Response to "Kisah Perjalanan Xiaomi From Zero To Hero"

Post a Comment